Selasa, 07 Mei 2013

Diagram Frost

         Diagram frost secara kualitatif menggambarkan garis putus-putus yang menggabungkan dua titik dalam diagram. dan kita dapat membuat prediksi secara termodinamika tentang reaksi antara dua pasangan sel elektrokimia dengan membandingkan slope (kemiringan) dari garis. 
        Diagram Frost dapat dibangun dari diagram Latimer. Nilai-nilai yang akan diplot sumbu Y diperoleh dengan mengalikan jumlah elektron yang ditransfer selama perubahan keadaan oksidasi oleh potensial reduksi standar untuk perubahan itu.
        Diagram latimer untuk serangkaian spesies mangan dalam larutan asam ditunjukan dibawah ini :
         Standar potensial reduksi untuk pengurangan setengah-reaksi yang melibatkan dua spesies bergabung dengan panah yang ditunjukkan di atas panah. Diagram Latimer menampilkan informasi redoks tentang serangkaian spesies dalam bentuk yang sangat kental. Dari diagram ini Anda dapat memprediksi perilaku redoks spesies tertentu. Semakin positif potensial reduksi standar, lebih mudah spesies di sebelah kiri berkurang dengan spesies di sisi kanan tanda panah. Dengan demikian, potensial reduksi standar yang sangat positif menunjukkan bahwa spesies di sebelah kiri adalah oksidator yang baik. Negatif potensial reduksi standar menunjukkan bahwa spesies ke kanan berperilaku sebagai agen mengurangi. Setengah reaksi dapat ditulis dari diagram ini.
Diagram keadaan oksidasi plot energi bebas relatif dari spesies dibandingkan oksidasi. Diagram ini visual menunjukkan sedikit tentang sifat-sifat oksidasi yang berbeda dari spesies. Diagram Frost dapat dibangun dari diagram Latimer. Nilai-nilai yang akan diplot pada sumbu y diperoleh dengan mengalikan jumlah elektron yang ditransfer selama perubahan keadaan oksidasi oleh potensial reduksi standar untuk perubahan itu.

Cara membaca Diagram Frost:
- Stabilitas termodinamika ditemukan di bagian bawah diagram.
   Dengan demikian, spesies yang lebih rendah diposisikan pada diagram, semakin termodinamika stabil itu       (dari perspektif oksidasi-reduksi)
- Mn (II) adalah spesies yang paling stabil.
- Sebuah spesies terletak pada kurva cembung dapat menjalani disproporsionasi
- MnO42-dan Mn (III) cenderung tidak proporsional.
- Mereka spesies pada kurva cekung tidak biasanya tidak proporsional.
- MnO2 tidak proporsional
- Setiap spesies yang terletak di sisi kiri atas diagram akan menjadi agen pengoksidasi kuat.
- MnO4-adalah oksidator kuat.
- Setiap spesies yang terletak di sisi rignt atas diagram akan menjadi agen mengurangi.


 logam mangan adalah agen mengurangi moderat
        Diagram ini menggambarkan stabilitas termodinamika dari berbagai spesies.
Meskipun spesies tertentu mungkin termodinamika tidak stabil terhadap pengurangan, kinetika reaksi tersebut mungkin sangat lambat.
Meskipun termodinamika menguntungkan bagi ion permanganat akan dikurangi menjadi Mn (II) ion, reaksi lambat kecuali dengan adanya katalis. Dengan demikian, solusi permanganat dapat disimpan dan digunakan di laboratorium

Informasi yang diperoleh dari diagram Frost adalah untuk spesies dalam kondisi standar (pH = 0 untuk larutan asam dan pH = 14 untuk solusi dasar).
Perubahan pH dapat mengubah stabilitas relatif dari spesies. Potensi setiap proses yang melibatkan ion hidrogen akan berubah dengan pH karena konsentrasi spesies ini berubah.
Di bawah kondisi dasar air Mn2 + tidak ada. Sebaliknya larut Mn (OH) 2 bentuk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar